cara mendapatkan asuransi melahirkan

Cara Mendapatkan Asuransi Melahirkan dari BPJS Kesehatan

Cara mendapatkan asuransi melahirkan menjadi salah satu hal penting yang dapat Anda pikirkan sejak kehamilan. Karena tidak dapat dipungkiri, hal ini menjadi salah satu hal yang dianggap sepele.

Namun faktanya ada beberapa kondisi medis tertentu yang mengharuskan ibu hamil melahirkan dengan caesar. Apabila ingin biayanya lebih ringan, asuransi ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Apabila ingin premi yang terjangkau, BPJS Kesehatan bisa dipertimbangkan. Caranya sendiri secara umum ada 2 tahapan, pendaftaran dan prosedur utamanya, yaitu mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP).

Cara Mendapatkan Asuransi Melahirkan dari BPJS Kesehatan, Daftar Dahulu

BPJS Kesehatan tentunya tidak hanya menanggung masyarakat yang sakit, tetapi berlaku juga untuk ibu hamil. Tentunya benefit bisa dinikmati kalau Anda sudah terdaftar program yang diselenggarakan pemerintah tersebut.

Apabila belum terdaftar, Anda harus melewati beberapa tahapan pendaftaran. Saat ini sudah tidak perlu ribet, karena pendaftaran dapat dilakukan secara online. Tentunya perlu menyiapkan perangkat smartphone atau PC, serta internet.

Selain itu calon peserta juga harus punya beberapa dokumen atau data pribadi. Meliputi nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga (KK), nomor handphone, serta email aktif.

Kini tinggal unduh aplikasi JKN Mobile di perangkat. Kemudian pilih menu daftar peserta baru, baca ketentuan pendaftaran, isikan NIK, dan terakhir captcha. Selanjutnya tinggal isikan semua data diri.

Cara mendapatkan asuransi melahirkan selanjutnya adalah pilih fasilitas kesehatannya. Terakhir tuliskan email dan tunggu kode verifikasi yang dikirimkan. Nantinya Anda tinggal melakukan pembayaran premi setelah mendapatkan virtual account.

🔴 TRENDING:  Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik, Jangan Sembarangan

Pembayaran sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya melalui mesin ATM, internet atau mobile banking, kantor pos, hingga lewat merchant BPJS Kesehatan. Kalau sudah terdaftar, Anda sudah resmi terdaftar.

Cara Mendapatkan Asuransi Melahirkan dengan Mendatangi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP)

Setelah resmi terdaftar, Anda bisa memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk kebutuhan ibu hamil. Dimana pemeriksaan umumnya dilakukan pada FKTP. Nantinya kalau tidak memadai, Anda akan mendapat rujukan ke tingkat berikutnya.

Sedangkan kebutuhan peserta yang bisa dipenuhi diantaranya pemeriksaan kehamilan rutin hingga persalinan. FKTP yang bisa didatangi dapat berupa puskesmas, bidan, dokter perorangan, atau klinik swasta.

Sedangkan saat persalinan, Anda bisa mendatangi FKTP terdekat dengan fasilitas bersalin. Ketentuannya sendiri adalah melahirkan secara normal, maka bisa dilakukan pada FKTP terdekat tanpa rujukan.

Sedangkan cara mendapatkan asuransi melahirkan, khususnya berisiko tinggi, nantinya BPJS Kesehatan akan merujuk ke fasilitas tingkat lanjutan. Sedangkan keadaan darurat seperti pendarahan bisa langsung dibawa ke rumah sakit.

Sedangkan dokumen yang harus dibawa saat ke FKTP atau rumah sakit adalah kartu peserta serta KTP. Jangan lupa juga untuk menyiapkan buku kesehatan milik ibu dan anak.

Kami juga akan menuliskan beberapa biaya pemeriksaan kehamilan yang ditanggung BPJS Kesehatan. Pertama pemeriksaan prapersalinan, kalau paket yang kunjungan maksimal 4 kali ditanggung Rp 200.000.

Pada persalinan normal, BPJS menanggung Rp 700.000 (bidan), Rp 800.000 (dokter), dan Rp 950.000 (tindakan emergensi dasar puskesmas). Khusus persalinan tingkat lanjutan akan tergantung kelas rumah sakit, hingga tingkat keparahan.

Biaya yang ditanggung pasca melahirkan adalah Rp 175.000 (puskesmas) dan Rp 125.000 (prarujuk komplikasi kebidanan). Serta Rp 25.000 untuk satu kali kunjungan neonates hingga ibu nifas ketiga.

🔴 TRENDING:  Daftar Asuransi Kesehatan yang Bagus dan Murah

Biaya kehamilan, mulai dari pra hingga pasca melahirkan memang perlu dipertimbangkan. Berdasarkan uraian di atas, kalau ingin mendapat penanggungan dari BPJS, Anda bisa mulai dengan daftar hingga mendatangi fasilitas kesehatan.

Belum lagi pertimbangan kondisi tertentu yang bisa menghabiskan banyak biaya. Maka cara mendapatkan asuransi melahirkan dari BPJS Kesehatan bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang mencari premi terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published.