Aplikasi e-Hac PeduliLindungi

Sebelum Naik Pesawat, Anda Harus Melengkapi Aplikasi e-Hac PeduliLindungi Sebagai Syarat Melakukan Perjalanan Udara

Aplikasi e-Hac PeduliLindungi – Pelancong domestik yang terbang melalui udara wajib mengisi e-Hac (Electronic-Health Alert Card) di aplikasi PeduliLindungi sebelum naik ke pesawat. Demikian disampaikan Setiaji, anggota Staf Ahli Menkes Bidang Teknologi Kesehatan.

Seperti yang dijelaskan Setiaji dalam pengumuman tertulisnya, Rabu (2/3/2022), “e-Hac merupakan salah satu jenis electronic health alert card yang dapat digunakan untuk perjalanan lokal dan internasional selama masa pandemi COVID-19.”

Seperti yang disampaikan Setiaji sebelumnya, penumpang pesawat wajib melengkapi e-Hac sebelum keberangkatan dan paling lambat satu hari sebelum tanggal keberangkatan yang dijadwalkan. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menghindari antrean besar di bandara saat kedatangan.

Hal itu dilakukan setelah dilakukan kajian terhadap kebijakan yang mengamanatkan agar penumpang mengisi e-Hac setibanya di bandara tujuan.

“E-HAC dulunya selesai begitu pelancong domestik tiba di tempat tujuan, tetapi ini telah berubah. Namun, karena jumlah orang yang menggunakan transportasi udara domestik meningkat, ada antrean panjang di bandara pada saat kedatangan untuk memeriksa e-HAC mereka. -HAC, yang merupakan kartu identitas elektronik “Dia melanjutkan untuk mengklarifikasi.

Formulir e-Hac saat ini dapat ditemukan di aplikasi PeduliLindungi versi terbaru yang dapat diunduh.

“e-HAC memiliki fitur flightworthiness check bagi pelanggan transportasi udara domestik, serta tampilan yang lebih user-friendly,” jelasnya lebih lanjut.

Dalam keterangannya, Setiaji menyatakan, layanan e-Hac yang sudah selesai sebelum berangkat akan beroperasi mulai besok, 3 Maret 2022.

Nantinya, jelasnya, “aplikasi e-Hac akan tersedia tidak hanya untuk pengguna transportasi udara, tetapi juga untuk pengguna transportasi darat dan laut.”

Menurutnya, fitur dan alur pengisian e-HAC pada aplikasi PeduliLindung akan terus dikaji dan disempurnakan, dengan data yang semakin terintegrasi dan disesuaikan dengan standar protokol kesehatan yang berlaku.

🔴 TRENDING:  Menggunakan Aplikasi Vaksin untuk Informasi Lebih Mudah

Menurut situs Kemkes.go.id, berikut adalah tindakan yang harus dilakukan dalam rangka melengkapi e-HAC terbaru di aplikasi PeduliLindung untuk pelancong penerbangan domestik:

  • Instal versi terbaru aplikasi PeduliLindungi.
  • Anda dapat membuat akun baru atau masuk jika saat ini Anda memilikinya. PeduliLindung Untuk mengakses fitur e-Hac, buka logo utama dan klik logo tersebut.
  • Di halaman utama, cari fitur ‘e-HAC’ dan pilih.
  • Pilih ‘Buat e-HAC’ dari menu tarik-turun.
  • Jika Anda bepergian di dalam negeri, pilih ‘Domestik.’
  • Pilih ‘Udara’ sebagai moda transportasi Anda.
  • Pilih tanggal dan masukkan nomor penerbangan di bidang yang sesuai.
  • Jika nomor penerbangan tidak dapat ditemukan, masukkan data penerbangan secara manual dengan memilih nama maskapai, bandara keberangkatan, dan bandara tujuan dari menu drop-down.
  • Setelah itu, periksa kembali apakah semua informasi sudah benar sebelum mengklik ‘Lanjutkan.’
  • Isi bagian ‘Data Pribadi’ yang dapat diisi maksimal empat orang sekaligus.
  • Setelah itu, Anda bisa mengecek kelaikan pesawat.
  • Jika e-HAC menampilkan pesan “hasil tes tidak ditemukan”, harap hubungi petugas kesehatan setempat atau Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara untuk bantuan lebih lanjut.
  • Kasus konfirmasi (status hitam) menunjukkan bahwa pembangkitan e-HAC telah terjadi dan perjalanan tidak dapat dilanjutkan.
  • Setelah menerima pemberitahuan bahwa telah dikonfirmasi laik terbang, pilih Simpan informasi yang telah Anda masukkan sebelumnya dan kemudian lanjutkan dengan mengisi pernyataan kesehatan dan riwayat perjalanan.
  • Setelah itu, cukup klik ‘konfirmasi’ dan selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.