Aneka Kerupuk Indonesia yang Spesial

14 Aneka Kerupuk Indonesia yang Spesial, Nomor 6 Punya Cita Rasa Spesial!

Aneka Kerupuk Indonesia – Kerupuk sudah lama menjadi makanan pokok. Banyak orang percaya bahwa makan tanpa kerupuk membuat rasa makanan menjadi kurang enak.

Karena kerupuk sangat populer di Indonesia, Anda bisa menemukannya hampir di mana saja. Dari meja dapur, melalui warteg sederhana, hingga tempat makan mewah.

Kerupuk juga diwajibkan dalam lomba makan kerupuk tahunan yang diadakan pada 17 Agustus bertepatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kerupuk Indonesia hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kerupuk yang khas.

Baca Juga : Inilah 8 Ragam Aplikasi Resep Masakan Pedas Terbaik dan Terlengkap Banyak Dicari!

14 Daftar Aneka Kerupuk Indonesia yang populer

1. Kerupuk bawang

Kerupuk ini dibuat dari tepung tapioka dan campuran bawang putih, sesuai dengan namanya. Kerupuk ini memiliki rasa dan aroma yang khas, serta rasa gurih yang menggugah selera.

Kerupuk ini sering disajikan dengan nasi goreng dari pedagang kaki lima. Bentuk bulat kecil dengan latar belakang putih dan sisi berwarna-warni.

2. Kerupuk kulit

Kerupuk ini dibuat dari kulit sapi atau kerbau, sesuai dengan namanya. Setelah itu, kulit bersihnya digoreng, dijemur, dibumbui, lalu digoreng lagi.

Kerupuk kulit cukup populer di berbagai daerah di Indonesia. Memiliki tekstur yang kental dan renyah, serta rasa gurih yang khas. Rempah-rempah tambahan, seperti bumbu pedas, sering ditambahkan ke kerupuk ini.

🔴 TRENDING:  Ketahui 8 Manfaat Kerupuk Kulit, Tapi Kenali Efek Sampingnya Jika Terlalu Banyak Dikonsumsi

Kerupuk rambak adalah nama lain dari kerupuk ini. Kerupuk kulit dapat digunakan dalam berbagai masakan selain dimakan sebagai camilan. Salah satunya digunakan untuk membuat krecek tradisional Yogyakarta.

3. Kerupuk gendar

Kerupuk gendar dibuat dari adonan nasi yang telah dibumbui dengan berbagai bumbu dan memiliki tekstur yang renyah.

Beras dihaluskan dan dibumbui sebelum ditumbuk menjadi massa yang kuat dan ditumbuk tipis. Setelah dijemur, adonan digoreng menjadi kerupuk.

Karena Anda mungkin menggunakan nasi sisa, kerupuk ini sangat mudah dibuat di rumah. Rasanya gurih dan bisa dijadikan lauk pauk berbagai macam masakan.

4. Kerupuk Kemplang

Kerupuk ini dibuat dari kombinasi tepung, aneka bumbu, dan makarel dan berasal dari Palembang, Sumatera Selatan.

Karena diproduksi menggunakan ikan, ia memiliki aroma dan rasa yang khas dan kuat. Kerupuk kemplang biasanya disajikan bersama pempek.

Kerupuk ini terkadang dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam sambal terasi khas Bangka.

5. Kerupuk melarat

Dijuluki kerupuk melarat karena tidak digoreng dengan minyak, melainkan dipanggang dengan pasir. Bahkan jika menggunakan pasir, pasirnya cukup bersih.

Kerupuk Cirebon memiliki tekstur agak kental, rasa gurih, aroma khas, serta warna yang beragam. Kerupuk ini juga terkenal memiliki kandungan kolesterol yang berkurang.

6. Amplang

Amplang adalah kerupuk berbentuk bulat kecil dengan warna coklat muda, berbeda dengan kerupuk lainnya. Kerupuk ini banyak ditemukan di kabupaten Samarinda Kalimantan Timur.

Amplang adalah hidangan yang terbuat dari ikan kembung, tepung kanji, dan bumbu yang beraroma. Rasa dan aromanya yang kuat cukup khas karena dibuat dari ikan.

7. Rempeyek

Selain tepung tapioka, juga tersedia kerupuk berbahan tepung terigu, santan, aneka bumbu, dan topping.

🔴 TRENDING:  Berikut Link Resmi Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2022, Cek Juga Alur Daftarnya!

Ini adalah rempeyek yang berwarna coklat muda dan biasanya dilengkapi dengan topping kacang atau rebon. Memiliki rasa yang gurih dan aromatik dan biasa digunakan sebagai pendamping nasi pecel.

8. Rengginang

Rengginang dibuat dari beras ketan yang dijemur. Setelah itu, ketan kering digoreng hingga mengembang.

Kerupuk ini berbentuk bulat dan tebal. Karena butiran beras ketan masih utuh dan tidak hancur, rasanya gurih dan teksturnya khas. Selain rasa gurih tradisional, rengginang ditingkatkan dengan dimasukkannya terasi untuk meningkatkan aroma.

9. Kerupuk mie

Kerupuk mie berwarna kuning dan memiliki jalinan yang tebal. Biasanya berbentuk lingkaran. Rasanya gurih dan sering disajikan dengan acar Betawi atau hanya dicelupkan ke dalam saus kacang.

10. Kerupuk putih

Bentuk kerupuk ini adalah salah satu yang paling mudah ditemukan. Kepangnya berwarna putih dan bentuknya melingkar. Kerupuk putih ini tersedia dalam kemasan kaleng biru dan mudah didapatkan di warung-warung.

Kerupuk putih cocok dipadukan dengan berbagai makanan. Nasi goreng, soto, bakso, mie ayam, atau bahkan nasi putih polos hanyalah beberapa contohnya.

Aneka Kerupuk Indonesia yang Spesial, kerupuk putih

11. Opak

Kerupuk krispi ini diproduksi dengan tepung beras dan berbagai bumbu dan berasal dari daerah Sunda. Sekilas bentuknya mirip dengan kemplang, namun sedikit lebih tipis. Opak dipanggang di atas bara api sebelum diolah. Selain rasa gurih, ada rasa manis yang ditambahkan pada opak.

12. Kerupuk udang

Kerupuk udang dibuat dengan campuran tepung tapioka, udang, dan bumbu tambahan, sesuai dengan namanya. Ada berbagai bentuk yang tersedia, termasuk bulan sabit, oval, dan bulat.

Kerupuk udang tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, termasuk kecil, tipis, dan lebar. Kerupuk ini memiliki rasa dan aroma udang yang kuat, namun cocok dengan berbagai hidangan, termasuk soto, nasi goreng, dan banyak lagi.

🔴 TRENDING:  Pendaftaran Kartu Prakerja ke-24 di Prakerja.go.id; hanya tersedia 300.000 kuota!

13. Emping melinjo

Biji melinjo dipipihkan tipis-tipis, dijemur, kemudian digoreng untuk membuat emping melinjo. Rasanya agak pahit, tapi enak.

Emping dapat dibuat dalam berbagai rasa, termasuk manis, karamel, dan pedas. Saat dijadikan pendamping nasi, emping cukup enak. Apalagi jika dipadukan dengan kecap manis dan disajikan di atas nasi hangat dengan emping.

14. Kerupuk jengkol

Jengkol dapat dibuat menjadi kerupuk selain digunakan dalam balado atau semur. Rebus jengkol yang ditumbuk hingga halus, kemudian diblender dengan tepung tapioka dan berbagai penyedap rasa.

Kerupuk dikukus terlebih dahulu, kemudian dijemur sebelum digoreng hingga mengembang. Karena rasa dan aroma kerupuk jengkol yang tidak menyengat, sangat cocok disajikan dengan nasi putih biasa dan lauk pauk.

Bonus: Kerupuk Kluntung

Kerupuk kluntung ini unik karena bentuknya yang menyerupai tempat tinggal keong dan berbentuk lingkaran.

Kluntung adalah kata Banyuwangi yang berarti melingkar atau melingkar. Kluntung ini terbuat dari tepung beras, tepung kanji, dan bumbu yang berasal dari Banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.