resep kerupuk udang dan cara membuatnya

Resep Kerupuk Udang dan 6 Tips Cara Mudah Membuatnya yang Bikin Ketagihan

Ada banyak resep kerupuk udang sederhana yang bisa dibuat di rumah. Kerupuk udang merupakan salah satu jenis kerupuk yang banyak dikonsumsi di Indonesia.

Rasa dan aroma kerupuk udangnya khas. Banyak orang menyukai teksturnya karena rasanya yang gurih dan renyah.

Kerupuk udang cocok dengan nasi uduk, nasi kuning, dan makanan berkuah seperti soto sebagai camilan atau lauk. Nah, jika Anda ingin mencoba membuat kerupuk udang, berikut resepnya.

Baca Juga : 14 Aneka Kerupuk Indonesia yang Spesial, Nomor 6 Punya Cita Rasa Spesial!

Resep Kerupuk Udang dan Cara membuatnya

1. Siapkan dan kumpulkan bahan yang diperlukan.

Resep Kerupuk udang dapat dibuat dengan berbagai bahan yang murah dan mudah didapat. Perhatikan komponen-komponen yang ada di bawah ini!

Bahan-bahan:

  • Tepung tapioka (500 gram)
  • 500 gr udang (segar) (kupas, lalu haluskan)
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Bumbui dengan garam secukupnya
  • Air secukupnya
  • Secukupnya minyak goreng
  • Secukupnya daun pisang

2. Haluskan bawang putih dan kombinasikan dengan udang

Langkah pertama adalah menggiling bawang putih, yang dapat Anda lakukan dengan blender atau dengan tangan. Masukkan udang giling bersama bawang putih cincang halus, tepung tapioka, garam, gula, dan air secukupnya ke dalam wadah.

🔴 TRENDING:  14 Aneka Kerupuk Indonesia yang Spesial, Nomor 6 Punya Cita Rasa Spesial!

Campurkan semua bahan dalam mangkuk besar dan aduk sampai adonan kental terbentuk. Jangan biarkan saus menjadi terlalu encer. Bungkus adonan dengan daun pisang memanjang setelah itu. Ikat ujungnya menjadi satu.

3. Kukus adonan dan keringkan

Selanjutnya kukus adonan yang sudah dialasi daun pisang selama kurang lebih satu jam hingga matang. Jika ini masalahnya, keluarkan dari oven dan sisihkan hingga dingin.

Potong adonan menjadi irisan tipis hingga menyerupai kerupuk udang. Di bawah sinar matahari, kering sampai kering. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan tergantung pada seberapa panas matahari; mungkin memakan waktu dari satu sampai dua hari.

Setelah kerupuk benar-benar kering, masak hingga mengembang dan siap disantap.

Jadi begitulah: resep kerupuk udang yang enak. Ini enak dan renyah. Lebih enak jika disajikan sebagai lauk.

6 Metode Mudah Membuat Kerupuk Udang Renyah di Rumah

Apakah Anda memiliki banyak waktu luang di rumah dan banyak udang? Mengapa tidak mencoba membuat resep kerupuk udang?

Daripada membayar mahal untuk resep kerupuk udang, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan biaya yang lebih murah.

Ikuti petunjuk di bawah ini, tetapi ingatlah saran berikut jika Anda ingin membuat kerupuk udang yang enak.

Metode Mudah Membuat Kerupuk Udang

1. Pilih udang segar

Pastikan untuk menggunakan udang segar, dan udang berukuran sedang lebih disukai. Bersihkan udang dengan membuang kulit dan kepalanya. Sebelum ditambahkan ke dalam adonan, blender hingga halus.

2. Adonan yang sesuai

Pastikan tidak ada terlalu banyak udang atau terlalu banyak tepung di piring. Tepung tapioka harus digunakan karena menghasilkan kerupuk yang mengembang dan menjadi renyah saat digoreng.

Pertama, campurkan tapioka dan udang, lalu tambahkan bumbu dan air panas. Juga, pastikan untuk membumbuinya dengan baik agar rasanya luar biasa.

🔴 TRENDING:  Pendaftaran Kartu Prakerja ke-24 di Prakerja.go.id; hanya tersedia 300.000 kuota!

3. Kukus sampai daging matang.

Buat bola besar dari adonan atau bungkus dengan plastik setelah cukup lunak. Adonan kemudian dikukus hingga matang. Proses mengukus juga membutuhkan kesabaran, setidaknya membutuhkan waktu 30 menit untuk memasak bagian dalamnya.

4. Potong dengan ketebalan yang sama di semua sisi.

Keluarkan adonan kerupuk dari bungkusnya setelah dikukus dan biarkan dingin, lalu iris tipis-tipis. Jika tidak, kerupuk yang digoreng tidak akan matang merata.

5. Biarkan hingga benar-benar kering.

Setelah kerupuk diiris dengan ketebalan yang sama, masukkan satu persatu ke dalam tampi bambu hingga kering. Proses pengeringan ini biasanya berlangsung cukup lama hingga kerupuk mentah benar-benar kering dan disimpan dengan aman.

6. Menggoreng dalam dua tahap adalah ide yang bagus.

Setelah kering di bawah terik matahari, goreng dalam minyak panas dengan api kecil. Angkat dan tiriskan jika sudah setengah mengembang. Kemudian masak kerupuk sekali lagi untuk memastikan bahwa mereka mekar dengan benar.

Jika Anda ingin membuat resep kerupuk udang yang enak di rumah, ikuti petunjuk berikut. Saya harap Anda merasa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.