Pinjaman Online Ilegal, Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal

Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal yang Harus Diketahui

Seiring berjalannya waktu, pinjaman online ilegal semakin marak bermunculan di Indonesia karena beberapa faktor tertentu. Tentu mereka memanfaatkan kehadiran internet sebagai upaya menjadi pinjol tanpa memberikan keuntungan bagi calon nasabah.

Sebenarnya kehadiran pinjol cukup membantu para nasabah jika membutuhkan dana secara mendadak, syaratnya harus legal. Namun keberadaan dari pinjol ilegal justru membuat orang bisa mengalami kerugian dengan jumlah besar.

Mengingat banyak masyarakat tertarik terhadap penawaran pinjol karena menjadi salah satu alternatif pembiayaan paling mudah. Pada umumnya syarat nasabah meminjam uang tidak serumit ketika mengajukan di bank tertentu.

Oleh karena itu mulai sekarang wajib diperhatikan bahwa tidak semua pinjol akan menguntungkan masyarakat. Walaupun pinjaman online selalu berusaha membantu masyarakat ketika sedang mengalami masalah ekonomi, tapi dengan syarat tertentu.

Anda harus bijak sebelum melakukan pinjaman, karena bisa menjadi masalah besar di kemudian hari jika pinjol belum resmi. Kehadiran pinjol sudah dikenal luas oleh masyarakat Tanah Air, usahakan memahami keberadaannya.

Untuk menghindar dari upaya penipuan yang dilakukan pihak pinjaman online, mulailah mengetahui ciri-ciri lengkapnya. Jangan khawatir, berikut ini kami berikan seluruh ciri-ciri dari pinjaman online yang ilegal dan merugikan.

Pinjaman Online Ilegal Belum Diawasi OJK

Mengetahui ciri dari pinjol memang wajib bagi semua orang, khususnya bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman uang kepada pihak tertentu. Tidak ada masalah jika pinjaman dilakukan melalui bank lokal resmi.

Ciri pertama dari pinjaman online ilegal adalah belum diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang ada di Indonesia. OJK sejatinya berfungsi sebagai pengawas pada pinjol, kalau belum diawasi dipastikan masih ilegal.

🔴 TRENDING:  Cara Mendapatkan Asuransi Pandemi Covid-19 dari Astra Life

Kemudian ciri kedua dari pinjol tidak resmi selalu memberikan penawaran melalui SMS nomor Anda. Perlu dipahami bahwa nomor ponsel sebenarnya sudah diketahui oleh badan pinjaman online non resmi.

Hal ini membuat Anda harus waspada dan jangan mudah tergiur terhadap penawaran dari pinjol via SMS. Kebanyakan pinjol ilegal selalu memberikan keuntungan sebagai tawaran sebelum bergabung, tapi setelah itu dirugikan.

Ciri-ciri selanjutnya dari pinjaman online ilegal cenderung memberikan suku bunga sangat tinggi. Dalam sehari, keberadaan pinjol bisa menerima 1% hingga 5% dari total pinjaman setiap nasabah, hal ini harus dihindari.

Bahkan ada biaya denda jika tidak membayar secara tepat waktu, sehingga membuat nasabah mengalami kerugian besar. Denda bisa mencapai 40% dari total pinjaman yang telah diberikan oleh pinjol ilegal.

Jangka Waktu Pelunasan Tidak Sesuai Perjanjian

Banyak orang awam belum sadar bahwa perjanjian pelunasan bersama pinjaman online ilegal selalu tidak sesuai kesepakatan. Misalkan waktu pelunasan dalam jangka satu bulan, pinjol akan menagih sebelum batas waktu tiba.

Sebagai nasabah tentu tidak bisa protes karena memang keberadaan pinjol belum resmi dan cenderung menipu. Tujuan pinjol memberikan pinjaman adalah untuk meraih keuntungan sendiri dengan cara menipu para nasabah.

Paling banyak beredar, ciri pinjaman online penipuan adalah meminta identitas pribadi terlalu berlebihan. Mulai foto diri, lokasi, hingga data penting lainnya sebagai penjamin pinjol apabila nasabah tidak membayar tepat waktu.

Ciri selanjutnya selain meminta identitas pribadi, umumnya pinjol tidak resmi akan meneror peminjam dengan menghubungi orang terdekatnya. Mulai dari keluarga atau nomor teman selalu dihubungi dengan menjelekkan nama peminjam.

Terakhir, alamat pengaduan dan kantor tidak dimiliki oleh pinjol, sudah pasti hal ini akan merugikan peminjam jika tergiur penawarannya. Jangan sampai Anda menggunakan pinjaman online yang bersifat ilegal.

🔴 TRENDING:  Pinjaman Online Terpercaya Bunga Ringan Tanpa Agunan dengan Proses Cepat

Keberadaan pinjol ilegal hanya akan menipu seorang peminjam tanpa belas kasihan, sehingga wajib dihindari sekarang juga. Pahami ciri di atas secara lengkap dari pinjaman online ilegal agar mampu menghindar darinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.