Cara Beli Sepeda Motor Second

Pedoman dan Cara Beli Sepeda Motor Second, Aman dan Masih Kinclong Dipakai

Cara Beli Sepeda Motor Second – Saat ini, ada banyak sepeda motor bekas yang tersedia untuk dibeli. Namun, sebagian besar orang masih memiliki keraguan dan kekhawatiran tentang pembelian sepeda motor bekas dari pemilik sebelumnya.

Sebab, bagaimanapun juga, suatu produk yang sudah pernah digunakan pasti memiliki beberapa cacat. Kenyataannya, orang sering membeli sepeda motor bekas yang tidak sesuai dengan harapan mereka.

Tak jarang, sepeda motor bekas yang baru dibeli ternyata mengalami kerusakan cukup parah. Akibatnya, biaya yang harus dikeluarkan meningkat dan merugikan konsumen.

Sahabat tidak akan pernah menginginkan hal itu terjadi, bukan? Karena itu, Anda harus lebih berhati-hati saat membeli sepeda motor bekas dari sumber mana pun. Sebelum membeli sepeda motor bekas, ada baiknya memperhatikan beberapa faktor untuk menghindari masalah ini.

Pertimbangan Sebelum Beli Sepeda Motor Second

Membeli sepeda motor baru versus bekas berbeda. Rencana akuisisi sepeda motor bekas membutuhkan perawatan lebih. Oleh karena itu, lakukan langkah berikut sebelum membawa pulang sepeda motor second yang akan Anda beli.

1. Tentukan sepeda motor second mana yang akan dibeli.

Langkah pertama adalah mengidentifikasi jenis sepeda motor bekas yang ingin Anda beli. Saran-saran ini cukup berguna agar teman-teman bisa mempersempit perhatiannya saat menyelidiki sepeda motor bekas dari beberapa pemasok.

🔴 TRENDING:  Sederet Tips Membeli Mobil Bekas, Perhatikan Kelengkapan Dokumen Kendaraan

Tanpa mengidentifikasi jenis sepeda motor bekas yang ingin Anda beli, akan sulit untuk memilih dari inventaris penjual yang banyak. Anda dapat memilih sepeda motor bekas yang memenuhi kebutuhan spesifik Anda.

Jika Anda ingin menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh sehari-hari, misalnya, membeli sepeda motor bekas dengan cc tinggi bisa menjadi pilihan.

2. Riset harga motor bekas di pasaran

Sebelum memutuskan, sebaiknya teliti dulu harga pasaran sepeda motor bekas. Penelitian ini dapat dilakukan secara online melalui website yang sering memberikan kisaran harga untuk sepeda motor bekas.

Anda juga dapat menyelidiki harga langsung dari beberapa penjual sepeda motor bekas, sehingga Anda dapat membandingkan harga antar penjual.

3. Lakukan pemeriksaan fisik

Setelah menentukan jenis sepeda motor bekas yang Anda inginkan, Anda harus memeriksa kondisi fisiknya. Periksa kondisi bodi, kaca spion, dan komponen lainnya; apakah ada banyak goresan? Ada retakan atau patahan di beberapa area? Selain itu, Anda harus memastikan bahwa suku cadang pada sepeda motor bekas adalah asli atau asli.

4. Check nomor rangka dan mesin

Nomor rangka dan nomor mesin sepeda motor bekas harus diperiksa dengan teliti oleh teman-teman.

Jika nanti ditemukan ketidakcocokan atau ketidaktepatan antara nomor sasis dan nomor mesin dengan huruf, maka akan berakibat fatal. Karena ada kemungkinan sepeda motor bekas itu hasil curian.

5. Perhatikan kondisi mesin

Anda harus memeriksa kondisi mesin sepeda motor bekas, termasuk gasket dan bautnya. Periksa untuk melihat apakah mesin telah dibuka.

Ini terbukti berdasarkan rona asli bawaan pabrik; apakah sudah berubah? Pasalnya, kualitas gasket merupakan “entri” untuk menentukan mesin motor bekas bermasalah atau tidak.

🔴 TRENDING:  Pilihan Beberapa Tips Membeli Mobil Baru, Temukan Model Impian Anda

6. Pastikan surat sudah lengkap.

Selain memeriksa kondisi sepeda motor bekas, Anda juga harus memeriksa dokumentasinya. STNK dan BPKB harus sesuai dengan plat nomor dan nama pemilik sebelumnya.

Melalui BPKB, Anda dapat mengetahui apakah sepeda motor tersebut sudah sering diperdagangkan atau masih baru. Untuk menghindari pembelian sepeda motor curian, penting untuk melakukan pemeriksaan ini.

7. Periksa keadaan oli motor

Langkah selanjutnya adalah mencoba membuka mesin dan mengukur oli. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan karena oli tambahan justru dapat membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga menutupi suara kasar atau bising asli sepeda motor bekas.

8. Check operasi speedometer

Teman-teman juga harus menentukan apakah speedometer pada motor bekas masih beroperasi. Periksa speedometer apakah ada retakan atau tanda-tanda pembongkaran.

Selain itu, sobat tidak tertipu dengan pembacaan speedometer yang rendah atau kecil. Karena sudah banyak layanan manual dan digital untuk reset speedometer.

9. Lakukan pemeriksaan kelistrikan

Selain itu, daya dan penerangan sistem kelistrikan sepeda motor bekas harus diperiksa. Lampu depan, lampu sein, lampu rem belakang, lampu speedometer, starter motor listrik, dan klakson termasuk lampu yang harus diperiksa.

Jika semuanya berjalan normal, kemungkinan tidak ada kerusakan komponen, dan kondisi aki sepeda motor tidak menjadi masalah yang serius.

10. Nyalakan mesin dan lakukan test drive

Coba nyalakan mesin sepeda motor bekas untuk memastikan mesin dan suaranya baik-baik saja. Biasanya, mesin yang dihidupkan tanpa bahan bakar pada kecepatan di bawah 1.500 rpm akan menghasilkan suara yang mengganggu.

Jika mesin mati secara tiba-tiba, ada masalah dengan mesin. Selain itu, Anda dapat meminta penjual untuk melakukan test drive sepeda motor bekas untuk mengetahui kondisinya setelah dijalankan.

🔴 TRENDING:  Pilihan Beberapa Tips Membeli Mobil Baru, Temukan Model Impian Anda

11. Periksa kebocoran

Saat Anda menghidupkan mesin dan melakukan test drive, Anda harus mencoba menghidupkan mesin sepeda motor bekas untuk jangka waktu yang lebih lama. Setelah motor berjalan sekitar 500 meter, Anda dapat memeriksa kebocoran oli. Selain itu, pada mesin yang menggunakan radiator, periksa kebocoran air radiator.

Itulah beberapa saran yang perlu diperhatikan saat membeli sepeda motor bekas. Akan lebih baik lagi jika Anda mengundang rekan kerja atau mekanik yang memiliki pengetahuan tentang hal-hal yang berhubungan dengan mesin sepeda motor.

Dengan demikian, Anda dapat membeli sepeda motor bekas dengan aman dan terhindar dari penipuan oleh vendor yang tidak jujur.

Cara dan Tips Beli Sepeda Motor Second Mudah dan Aman

Setelah Anda paham caranya, kini saatnya membeli sepeda motor second dengan dana yang ada. Namun, jika Anda tidak memiliki cukup uang atau tabungan, Anda dapat menggunakan penyedia pinjaman sepeda motor bekas yang memiliki reputasi baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.