tabungan emas

Mengenal Tips Membuat Tabungan Emas untuk Pemula

Salah satu investasi yang aman adalah dengan membuat tabungan emas. Banyak yang mengatakan bahwa hal ini disebut sebagai aset aman dalam investasi sehingga diminati oleh para investor. Jangan khawatir jika Anda seorang pemula, juga bisa memulai untuk menabung emas.

Walaupun Anda masih seorang pemula akan tetapi jika profil risikonya tepat maka tidak ada salahnya mencoba berinvestasi emas. Banyak investor yang mengatakan bahwa harga emas akan terus mengalami kenaikan jadi cocok dijadikan untuk investasi jangka panjang.

Tips Membuat Tabungan Emas Bagi Pemula

Untuk menjadi investor, harus mengetahui trik apa saja yang dapat dilakukan dalam meraih keuntungan terutama dalam hale mas. Berikut tips yang dapat diterapkan agar mendapat keuntungan:

Menentukan Sebuah Perencanaan dan Tujuannya

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan ketika akan membuat tabungan emas adalah perencanaan dan tujuannya. Contohnya adalah melakukan investasi emas untuk modal menikah beberapa tahun ke depan atau untuk membiayai anak sampai 10 tahun lagi.

Adanya tujuan dan perencanaan yang akan dibuat tentu akan memudahkan Anda untuk melakukan investasi. Tujuan penting agar Anda tidak kesulitan dalam melakukan investasi, selain itu memudahkan untuk menentukan berapa emas yang dibutuhkan.

Jadi jangan sampai Anda setelah membeli emas lalu kemudian dijual karena bingung tidak tahu tujuannya apa. Oleh sebab itu penting untuk menentukan tujuan di awal, sebelum berinvestasi emas.

Mengetahui Kondisi Keuangan Anda Sehari-hari

Tips kedua yang harus diperhatikan adalah dengan memperhatikan bagaimana kondisi keuangan keluarga Anda. Jangan sampai Anda melakukan investasi dengan menggunakan uang yang didapat dari berhutang, hal itu tentu akan menyulitkan Anda.

🔴 TRENDING:  Memilih Polis Asuransi Mobil ACA Sesuai dengan Kebutuhan

Tidak hanya itu, ketika Anda mengetahui berapa pemasukan setiap bulannya, jangan menggunakan semua uang untuk berinvestasi. Alangkah baiknya untuk mulai melakukan investasi adalah dari uang yang memang digunakan untuk melakukan investasi.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menyisihkan uang dari penghasilan bulanan yang memang digunakan sebagai dana darurat untuk melakukan investasi.

Memperhatikan Waktu untuk Melakukan Investasi

Tips ketiga jika Anda ingin membuat tabungan emas adalah dengan memperhatikan waktu untuk mulai berinvestasi. Ketika sudah memiliki keinginan untuk melakukan investasi emas langkah berikutnya adalah dengan memantau harga emas yang ada di pasaran.

Anda juga bisa mempelajari bagaimana tren pergerakan dari harga emas yang terus mengalami peningkatan di pasaran. Selain itu, dengan memperhatikan kedua hal di atas maka Anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli emas atau menjualnya.

Adapun waktu yang tepat untuk melakukan penjualan emas adalah ketika harganya sudah naik agar mendapatkan keuntungan. Selain itu jika ingin membeli emas maka lakukan ketika harganya sedang turun.

Adapun untuk melakukan investasi emas yang perlu diperhatikan adalah jangka waktunya. Anda bisa mengatur jangka waktunya untuk kebutuhan menengah atau panjang, misalnya adalah 5 tahun ke depan. Hal ini agar Anda mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Memilih Jenis Emas yang Sesuai dengan Keinginan

Tips ketika memilih untuk memulai tabungan emas adalah dengan memilih jenis emas apa yang Anda inginkan. Adapun jenis emas yang direkomendasikan untuk Anda seorang pemula adalah memulai dengan investasi logam mulia.

Logam mulia memiliki harga jual yang lebih tinggi daripada emas berupa perhiasan. Jika emas perhiasan memiliki harga jual yang rendah dikarenakan sudah dikurangi dari nilai seni, jumlah karat, biaya pembuatan perhiasan, depresiasi dan model.

🔴 TRENDING:  Pilihan Asuransi Mobil di Jogja Dapat Dijadikan Pertimbangan

Tempat untuk Menyimpan Emas Investasi

Terakhir adalah mengenai tempat penyimpanan atau tabungan emas yang didapat dari investasi. Hal ini harus diperhatikan agar emas yang sudah Anda beli tetap berada di tempat aman. Anda bisa meletakkan emas tersebut di sebuah brankas rumah.

Atau jika Anda ingin menyimpannya di bank juga bisa melalui safe deposit box atau SDB. SDB merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh pihak bank untuk menyimpan barang berharga. Tips yang telah disebutkan di atas bisa Anda langsung terapkan jika ingin memiliki tabungan.

Akan tetapi hal penting adalah dengan menyiapkan dananya terlebih dahulu. Selain itu pastikan juga Anda sudah memiliki alasan yang jelas mengapa memulai investasi tabungan emas. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan perencanaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.